JAKARTA – Masih dalam nuansa awal tahun 2021. BMW Group Indonesia memperkenalkan tiga model kendaraan BMW seri X dengan upgrade tampilan dan fitur terbaru yang secara resmi diperkenalkan secara virtual pada Kamis (28/01) kemarin.

Rangkaian kendaraan terbaru BMW X yang dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta tersebut adalah BMW X1 sDrive18i, BMW X3 sDrive20i, dan BMW X5 xDrive40i xLine.

“BMW Group Indonesia memilih BMW seri X sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisinya sebagai brand terdepan di segmen SAV Premium Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan yang serbaguna dan tentunya berikan sensasi dan kenyamanan berkendara yang sempurna,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

New BMW X1 sDrive18i. The Courageous.

BMW X Crew pertama adalah THE COURAGEOUS – BMW X1. Kendaraan yang tawarkan kenikmatan berkendara yang tak tertandingi di segmen kompak premium. New BMW X1 hadir lebih sporty dengan profil eksterior black-cladding dan matt silver pada bagian bawah bemper depan serta colour-coded diffuser pada bagian bemper belakang, frame kaca serta roof rails dengan finishing satin aluminium.

BMW X1 mengunakan desain velg alloy ringan model baru 18 inci Y-spoke style 566 dengan ban runflat dan finishing bicolour, Ferric Grey dan polished dan trim interior dengan finishing Oxide Silver dark matt highlight Black high-gloss. pada interior tersedia standard comfort seats untuk pengendara dan juga penumpang depan yang lebih tebal serta Comfort access untuk akses pintu lebih mudah tanpa memencet tombol di kunci serta pengoperasian buka dan tutup bagasi tanpa sentuhan.

Fitur infotainment BMW X1 terbaru, sangat beragam: termasuk Apple CarPlay yang sangat mudah dikoneksikan secara wireless, tanpa kabel sama sekali. BMW X1 terbaru juga telah dilengkapi dengan Parking Assistant dan Rear-view Camera untuk memudahkan pengguna saat parkir, terutama pada saat parkir paralel dengan pengendalian setir secara otomatis

Baca juga :  Bersama Pertamina BMW Hadirkan Green Energy Station di SPBU Kuningan

Kendaraan ini berbahan bakar bensin dengan mesin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum sebesar 140 hp pada 4400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada 1.250 rpm. Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan, yang memungkinkan transisi yang presisi dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Kendaraan ini melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 9,6 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi rata-rata 13,7 km/ l dan emisi CO2 kombinasi rata-rata 141 g/km [siklus WLTP].

New BMW X3 sDrive20i. The Independent.

Sedangkan versi selanjutnya ialah, BMW X3 medium SAV, yang hadir dengan sejumlah peningkatan, diantaranya: desain roda terbaru berukuran 19 inci V-spoke style 692 bicolour, Ferric Grey, polished standard comfort seat yang lebih nyaman dengan bantalan yang berkualitas dan tebal, diikuti dengan penggunaan upholstery Sensatec generasi terbaru, yang dikombinasikan dengan finishing trim interior dalam warna Black High Gloss dan juga highlight Pearl Chrome + Galvanic Embellisher, pada atap BMW X3 dilengkapi dengan Panorama Glass yang besar dan dilengkapi dengan roller blind, one-touch function serta wind deflector.

Kendaraan ini mengusung transmisi Steptronic 8-percepatan dengan gearshift paddles, menciptakan perpindahan gigi yang mulus serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Teknologi ini juga terhubung dengan teknologi auto start-stop terbaru dan juga data dari system navigasi yang memungkinkan efisiensi bahan bakar yang luar biasa.

Selain itu new BMW X3 sDrive20i dilengkapi mesin BMW TwinPower Turbo yang menjamin kinerja dan efisiensi bahan bakar sejalan dengan filosofi khas BMW EfficientDynamics. Mesin 2.0-liter empat silinder yang dilengkapi dengan High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control, dan Valvetronic fully variable valve timing ini mengeluarkan tenaga hingga 184 hp dan torsi 300 Nm, sementara pada saat yang sama mencatat konsumsi bahan bakar kombinasi 12,2 km/l dan emisi kombinasi rendah tidak lebih dari 163 g/km.

Baca juga :  Menginap di Grand Hyatt Siap Dapatkan The All New BMW 730Li M Sport

BMW X5 xDrive40i xLine. The Boss.

Kendaraan terakhir yang juga mendapatkan sentuhan tampilan terbaru dan fitur adalah BMW X5. Fitur paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine yang diluncurkan adalah hadirnya bangku baris ketiga yang tidak hanya memberikan ruang untuk seluruh keluarga namun juga fleksibilitas pengaturan bangku baris kedua yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Selain kontrol elektrik yang lebih fleksibel, bangku baris kedua The BOSS juga telah dilengkapi dengan Comfort Cushions pada bagian sandaran kepala yang memberikan kenyamanan maksimal yang dibalut dengan bahan Alcantara.

Kemewahan ambience ditingkatkan dengan penggunaan finishing trim interior dalam Aluminium “Mesheffect” Dark yang dikombinasikan dengan headliner yang hadir dengan colour world dengan warna cerah, selain itu sound system kini juga hadir dengan Harman Kardon yang dilengkapi 16 speaker, power amplifier 464 Watt 9 channel yang disempurnakan dengan setelan individual equalizer.

Berbagai sistem bantuan Driving Assistance kini semakin canggih dilengkapi dengan Parking Assistant Plus, yang didalamnya termasuk Surround View dengan kemampuan kamera 360˚, Panorama view, Top view, serta 3D view yang anda dapat atur menggunakan gesture. Panorama view baik di bagian depan atau belakang akan memudahkan anda saat ingin keluar dari parkiran atau saat menghadapi pertigaan atau perempatan yang cukup rumit. Aktivasi otomatis dari Panorama view ini juga dapat anda simpan di titik lokasi tertentu, sehingga ketika pada kesempatan berikutnya anda melewati titik tersebut, system akan otomatis menampilkan Panorama view.

New X5 xDrive40i xLine juga telah dilengkapi dengan Driving Assistant yang terdapat dalam rangkaian keamanan dan kenyamanan berkendara yang luas ini. Fitur kenyamanannya di antara lainnya terdiri dari Crossing Traffic Warning rear, Lane Departure Warning serta Lane Change Warning. Versi terbaru ini juga termasuk input kemudi aktif untuk membawa kendaraan kembali ke jalur yang dimaksudkan serta feedback getaran pada setir.

Baca juga :  Roadshow All-New BMW Seri 3 Hadir Menyapa Warga Surabaya

Selain itu, Driving Assistant ini juga dilengkapi dengan front collision warning with brake intervention dan rear collision prevention, di mana sensor pada bagian bemper beserta kamera akan memonitor kondisi di depan dan belakangkendaraan  yang bisa mendeteksi risiko, sehingga sistem ini mampu membantu memperingatkan atau bahkan jika diperlukan membantu dalam hal pengereman.

Mesin pada All-New BMW X5 xDrive40i tawarkan kemampuan akselerasi khas mesin enam silinder segaris dari BMW. Unit 3.0 liter menggunakan turbocharger twin-scroll, VALVETRONIC fully variable valve timing, timing camshaft variabel Double-VANOS dan High Precision Direct Injection dengan tekanan maksimum 350 bar memastikan bahan bakar disalurkan dalam dosis yang sangat tepat. Mesin bensin enam silinder ini menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi puncak 450 Nm.

All-New BMW X5 xDrive40i dapat mencapai 0 hingga 100 km / jam hanya dalam 5,5 detik. Rata-rata konsumsi bahan bakar kombinasi 9.2 km/l dan emisi CO2 kombinasi hanya 211 gram per kilometer.

Ketersediaan dan Harga.

BMW X1 sDrive18i ditawarkan dengan harga Rp 669.000.000 (off-the-road)., sedangkan BMW X3 sDrive20i ditawarkan dengan harga Rp 969.000.000(off-the-road)., dan BMW X5 xDrive40i ditawarkan dengan harga Rp 1.559.000.000 (off-the-road). [Po/Amr]