JAKARTA – Blackvue selaku produsen dashcam atau yang lebih dikenal dengan sebutan kamera dashboard merilis produk terbaru di ajang Telkomsel IIMS 2019, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/4).

Produk dashcam Blackvue sebenarnya sudah populer lebih dulu di negara-negara lain, bahkan di beberapa negara tetangga penggunaan dashcam sudah diwajibkan untuk melihat kejadian-kejadian selama perjalanan sehingga menjadi bukti jika ada kecelakaan ataupun sesuatu yang terjadi.

“Produk ini (dashcam) sering dipakai untuk meningkatkan keamanan, ini adalah produk dashboard camera dimana awalnya dipakai di kejuaraan balapan, pada tahun 1979 awalnya digunakan di Australia lalu diapdatasi di Amerika dan mulai 1985 sudah dipakai di f1 dan 1998 sudah menjadi standar F1 hingga sekarang,” ujar Rudy Ham, Direktur PT Whiteeast Indonesia (Blackvue Indonesia).

Rudy menambahkan, “Sedangkan di mobil pribadi biasanya dashcam ini ditarok di depan mobil, awalnya mereka gunakan untuk merekam kejadian di jalan seperti tabrakan dan misalnya terjadi suatu tabrakan mereka akan pakai rekaman dashcam sebagai bukti kejadian yang terpercaya, karena ini bentuknya video.”

Baca juga :  Ikutan 'TGOF' Federal Oil Menangkan Nonton MotoGP di Sepang

Dari tahun ke tahun permintaan dashcam terus meningkat, di Indonesia sendiri Blackvue merupakan pionir. Namun saat ini Rudy mengaku pihaknya masih terus melakukan eduasi dan sosialisasi terkait dengan pentingnya fungsi dashcam.

“Kita berharap dashcam ini akan dipasang di semua kendaraan Indonesia karena memang tujuannya agar tercipta sebuah lingkungan dimana semua orang lebih hati-hati, baik pejalan kaki maupun pengemudi karena mereka merasa semua diawasi dengan cctv, otomatis tingkat keamanan dan keselamatan juga akan terus bertambah dan tingkat kecelakaan juga berkurang karena seperti yang kita tahu tingkat kecelakaan di Indonesia itu rata-rata pertahun ada 100 ribu kecelakaan, artinya 300 kecelakaan dalam sehari,” jelas Rudy.

Baca juga :  Auto2000 Tawarkan Dua Program Sales Untuk Pembelian Toyota Innova

Lebih lanjut di Telkomsel IIMS 2019 kali ini, Blackvue merilis produk terbaru Blackvue Taxi dengan empat varian. “Yang paling baru adalah Blackvue Taxi cloud 4k, ini baru dirilis di IIMS kali ini. Taxi disini bukan berarti khusus untuk Taxi, ini artinya untuk memantau semua yang berada di dalam interior kendaraan atau di kabin kendaraan. Siapa aja yang perlu rekaman di dalam kabin butuh produk ini,” terang Rudy.

Adapun tiga varian yang lain adalah BlackVue Cloud Full HD, Blackvue Wifi dan Blackvue simple. Semua varian ini sudah dilengkapi dengan infra red untuk melihat keadaan kabin meski lampu mati total sehinggan semuanya masih terlihat jelas sempurna termasuk wajah orang-orang didalam kabin.

Blackvue sudah bergerak di industri dashcam selama 11 tahun dan perusahaan asal Korea ini usdah mematenkan banyak fitur, diantaranya adalah BlackVue cloud, fungsi cloud dan fungsi live streaming langsung dari mobil serta night vision untuk melihat jelas pada malam hari. Yang paling anyar adalah Blackvue 4k yang kualitas gambarnya sudah 4K dengan kualitas standar HD video jaman sekarang.

Baca juga :  Mitsubishi Motors Resmi Perluas Penjualan Xpander Cross ke Kawasan ASEAN

Produk Blackvue dijulan dengan kisaran harga Rp 3 juta hingga 7 juta termasuk pasang. Selama IIMS 2019 Blackvue memberikan promo spesial diskon up to 50 persen untuk konsumen. [Po/adr] 

Leave a Reply

Your email address will not be published.