MONTREAL – Teknologi mobil terus berkembang setiap tahunya. tidak hanya dalam hal teknologi mesin ataupun perangkat infotainment, tentu segi keselamatan juga menjadi poin utama dalam hal pengembangan.

Seperti baru – baru ini Michelin berkerjasama dengan General Motors mengembangkan ban jenis baru yang tidak berudara.

Prototipe teknologi ban terbaru yang dikembangkan oleh Michelin ini menghindari para pengendara mengalami ban sobek ataupun bocor saat berkendara, kejadian yang selalu pernah dialami oleh pengemudi mobil. Dimana setiap tahun 200 juta ban di seluruh dunia harus dimusnahkan sebelum waktunya karena mengalami kerusakan.

Teknologi sistem ban anti tusuk atau Uptis (Unique Puncture-proof Tire System) ini dirancang tanpa mengunakan udara di dalamnya untuk meningkatkan keselamatan pengendara dari kondisi ban sobek atau bocor.

Baca juga :  SGA ini untuk Imbangi Suzuki Baleno Hatchback Terbaru

“Michelin Uptis menunjukkan bahwa visi Michelin untuk masa depan mobilitas berkelanjutan jelas merupakan impian yang dapat dicapai,” ujar Florent Menegaux, chief executive officer untuk Grup Michelin.

Michelin sedang menguji ban baru pada armada mobil listrik Bolt EV. Selain itu, pengujian akan dilakukan di Michigan, di mana kondisi jalannya tidak bagus. Michigan juga mengalami semua musim dan menyediakan lingkungan pengujian yang baik untuk produsen ban.

Ban tanpa udara ini memilik manfaat luas, pengemudi akan merasa lebih aman di jalan dan tidak perlu secara berkala mengecek kondisi tekanan ban atau khawatir akan tusukan, serta belum lagi kondisi ban kempes saat berkendara tentu akan merepotkan untuk mencari tempat layanan pengisian udara pada ban.

Baca juga :  Cegah Covid-19 Pertamina Monitor Karyawan Melalui MyDoctor

“General Motors sangat senang dengan kemungkinan yang ditawarkan Uptis, dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Michelin dalam teknologi terobosan ini,” kata Steve Kiefer, wakil presiden senior rantai pembelian dan pasokan global di General Motors.

“Uptis sangat cocok untuk mendorong industri otomotif ke masa depan dan contoh yang bagus tentang bagaimana pelanggan kami mendapat manfaat ketika kami berkolaborasi dan berinovasi dengan mitra pemasok kami.” tambah Keifer.

Meskipun ban saat ini sedang diuji pada kendaraan penumpang, Michelin membayangkan dunia di mana Uptis akan ditampilkan pada produk mobilitas masa depan. Kendaraan yang sepenuhnya otonom membutuhkan waktu henti sesedikit mungkin untuk bekerja secara efisien, dan ban tanpa udara membantu mencapai tujuan itu sekaligus mengurangi bahaya bagi penumpang.

Baca juga :  Berikut Tips Menjaga Performa Ban Kendaraan

Tujuan Michelin adalah memiliki ban ini pada kendaraan penumpang pada tahun 2024. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.