sprint Rally

JAKARTA – Jadwal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally 2020 telah dirilis oleh Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada Kamis (23/1) pekan yang lalu.

Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Rally mengungkapkan, “ Ini adalah jadwal yang dirilis oleh Komisi Rally setelah kami melakukan survei beberapa waktu terakhir dan menyesuaikan dengan berbagai situasi dan kondisi yang ada,”

Baik Sprint Rally dan Speed Rally keduanya akan dimulai di kota Muara Bungo, Jambi pada Maret mendatang. “Ini merupakan lokasi baru sehingga akan menjadi sebuah perlombaan yang menarik di putaran pembuka,” tambah Rifat.

Komisi Rally memberikan apresiasi tinggi kepada pihak penyelenggara dan pengelola dari masing-masing sirkuit karena memberi dukungan penuh atas kemajuan olahraga otomotif nasional, secara khusus di kancah Rally.

Baca juga :  AKOC 2020 Seri Perdana Berlangsung Akhir Pekan Ini di Sentul Bogor

Sprint Rally di tahun ini akan lebih berfokus pada sirkuit-sirkuit yang terletak di Pulau Jawa, sementara Speed Rally akan berfokus pada sirkuit di Sumatera Utara.

Hal ini dikarenakan Komisi Rally beserta komunitas-komunitas Rally Tanah Air telah meninjau bahwa antusiasme Sprint Rally terbesar ada di Pulau Jawa, sementara antusiasme Speed Rally paling besar berada di Sumatera.

Berikut adalah jadwal Kejurnas Sprint Rally dan Speed Rally 2020 yang dirilis oleh Komisi Rally IMI:

SPRINT RALLY

  1. 27 Maret 2020 – Jambi
  2. 14 & 15 Juni 2020 – Jawa Timur
  3. 23 & 24 Agustus 2020 – DKI Jakarta
  4. 4 & 5 Oktober 2020 – Banten
  5. 22 & 23 November 2020 – Jawa Barat
Baca juga :  Alvin Bahar Tim Honda Racing Indonesia Raih Gelar Juara Nasional

SPEED RALLY

Putaran 1-2: 28 & 29 Maret 2020 – Jambi
Putaran 3-5: 17-19 April 2020 – Medan
Putaran 6: 25 & 26 Juli 2020 – Medan (APRC)
Putaran 7-9: 23 – 25 Oktober 2020 – Medan

Kejuaraan bertaraf internasional Asia Pacific Rally Championship (APRC) juga akan kembali dilaksanakan di Indonesia karena dinilai sudah semakin siap dengan keberadaan kendaraan AP4 dan R5 yang semakin bermunculan.

“Digelarnya 9 putaran Kejurnas Speed Rally artinya ada 9 kali kesempatan bagi para Peserta untuk mendapatkan piala dan tentunya kompetisi di tahun ini akan lebih seru,” ungkap Rifat.

Baca juga :  Gerry Salim Gagal Akhiri Balapan Eropa dengan Manis

Sementara Kejurnas Sprint Rally sendiri akan diadakan sebanyak 5 kali dan kejuaraan ini belum termasuk kejuaraan-kejuaraan sprint rally tarmac di Meikarta.

“Kita punya jadwal yang padat dan tentunya peta kompetisi yang semakin membawa kancah reli Indonesia lebih dilihat di mata dunia. Selamat menikmati perlombaan di tahun 2020,” tutup Rifat. [Po/Rls]