Laka Lantas

JAKARTA – Berdasarkan data dari WHO di tahun 2019, Indonesia menempati urutan ke-3 di dunia dalam hal korban meninggal yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Bila mengacu pada data statistik Korlantas Polri, dalam empat tahun terakhir jumlah laka lantas yang terjadi di Indonesia tren nya juga terus mengalami kenaikan.

Berdasarkan data jenis kendaraan yang terlibat dalam Laka lantas kendaraan komersial bus dan truk yang mendominasi laka lantas ini. Setidaknya di tahun 2018 tercatat lebih dari 3.000 kecelakaan yang melibatkan truk.

Mengacu dengan tinginya laka lantas yang berkaitan dengan kendaraan komersial. Bertepatan dengan ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) yang akan berlangsung 5-8 Maret 2020, Gaikindo ikut terus untuk mendorong kampanye keselamatan berkendara di ajang ini.

Baca juga :  Mengenal Fitur Safety Mitsubishi Xpander

Bagi GAIKINDO, keselamatan bukan menjadi pilihan namun merupakan keharusan, oleh karena itu GAIKINDO terus mendorong kesadaran berkendara. Topik keselamatan juga menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO lewat penyelenggaraan GIICOMVEC 2020.

“Kami ingin tekankan lagi dalam pameran ini tentang keselamatan berkendara, kami ingin mendeklarasikan bahwasanya Indonesian land transportation towards zero fatality, ataupun kami ingin jangan ada lagi kecelakaan yang membuat korban jiwa,” ungkap Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Baca juga :  Komen Warganet Soal Avanza Baru, dari yang Nyinyir Sampai yang Sok Bijak

untuk mewujudkan kampanye kesadaraan berkendara ini, GAIKINDO menjalin hubungan erat dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dalam mewujudkan komitmennya.

Diharapkan kehadiran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dapat memberikan penjelasan lebih detil tentang rencana pemerintah dalam mengusung terciptanya alat angkutan darat yang aman dan nyaman.

Ketersediaan alat keselamatan wajib akan ditampilkan untuk para pebisnis yang hadir. Dengan demikian, diharapkan para pebisnis juga akan mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan komersial.

Seperti telah diketahui, ajang GIICOMVEC 2020 akan diikuti oleh puluhan merek dari industri kendaraan komersial dan pendukung akan berpartisipasi dalam pameran business-to-business kendaraan komersial GIICOMVEC tahun ini.

Baca juga :  All New Ertiga Mendominasi Penjualan Suzuki di Telkomsel IIMS 2019

Dari industri kendaraan komersial, akan hadir Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan lainnya. [Po/Ajr]