JAKARTA – Di tengah merebaknya virus Corona, Rumah Sakit memerlukan alat medis yang selama ini terbatas jumlahnya. Astra menyumbang RSCM dengan melengkapi alat medis ICU dan HCU.

Penyerahan alat media penting ini dilakukan Kamis (30/4). Perlengkapan medis fasilitas intensive care unit (ICU) dan isolasi ketat/high care unit (HCU) kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta itu diharapkan bisa mempercepat penanganan pasien positif COVID-19.

Penyerahan secara bertahap kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tersebut merupakan bagian dari bantuan tahap kedua senilai Rp30 miliar dari Astra

Selain RSCM Jakarta, bantuan serupa juga diserahkan kepada Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Hingga saat ini, Astra telah menyerahkan bantuan tahap awal, kedua, dan ketiga senilai total Rp106 miliar.

Baca juga :  SMK di Bekasi Terima 3 Unit Mitsubishi Xpander

Penyerahan perlengkapan medis secara simbolis dari perwakilan Astra kepada Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto.

Hadir pula perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengatakan, Astra senantiasa proaktif untuk mendukung upaya pemerintah, masyarakat serta tenaga medis dalam mencegah penyebaran COVID-19. 

Baca juga :  Mitsubishi Peringkat Pertama dalam Studi Indonesia Customer Service Index J.D Power 2019

“Donasi bertahap tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam mempercepat penanganan pasien positif COVID-19. Tentu kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,” ungkap Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.

Perlengkapan medis yang diserahkan Astra antara lain, 20 tempat tidur ICU dan 75 tempat tidur HCU, 128 slices MSCT scan, 1 digital mobile x-ray, 20 ventilator.

Lalu 95 monitor tempat tidur, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.

RSCM Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Baca juga :  Ganjil Genap Berlaku, Satgas Nasional Berikan Tanggapan Serius

Perlengkapan medis tersebut diharapkan dapat meningkatkan fasilitas medis dua rumah sakit tersebut dalam menangani pasien positif COVID-19.

Dukungan Astra dalam menangani penyebaran COVID-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa”. [Po/Haz]