JAKARTA – Pelumas sejatinya diciptakan untuk melumasi seluruh komponen yang ada pada mesin kendaraan.

Tujuan dari pelumas itu sendiri hanya satu, mencegah komponen yang ada pada mesin mengalami keausan.

Jika komponen dalam mesin aus, sudah dapat dipastikan jika kinerja mesin pada kendaraan tersebut tidak akan optimal.

Pelumas yang ada di pasaran saat ini bermacam-macam, salah satunya adalah pelumas yang sudah memiliki spesifikasi Euro 4. Lalu, apa keunggulan dari pelumas yang berspesifikasi Euro 4?

Erwin Surianto, selaku Service Head Auto2000 Pasar Kemis, mengatakan pelumas Euro 4 dibuat khusus untuk kendaraan bermesin Euro 4.

Baca juga :  Pertamina Imbau Golongan Mampu tidak Gunakan BBM Subsidi

“Di dalam komponen oli mesin Euro 4 terdapat kandungan supaya tidak oksidasi, tidak cepat menguap, khusus yang Euro 4 lebih pada kebersihan mesin, mempengaruhi efesiensi bahan bakar” kata Erwin beberapa waktu lalu saat dihubungi.

Erwin menambahkan, pelumas yang sudah Euro 4 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan oli mesin yang belum standart Euor 4. Berikut kelebihan Oli Euro 4 menurut Erwin.

  1. Tidak mudah oksidasi, Hal ini dikarenakan oli jenis ini memiliki tahapan penyaringan yang lebih dalam proses pembuatannya, sehingga kandungan-kandungan yang menyebabkan oksidasi atau pengentalan pada oli dapat diminimalisir.
  2. Tidak cepat menguap, karena di dalam kandungan oli jenis ini mengandung unsur yang mencegah oksidasi dan menjaga kestabilan kinerja mesin, sehingga oli ini juga tidak mudah menguap.
  3. Efisiensi bahan bakar, terjadi karena oli mesin jenis full synthetic memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap gaya geser (shear stability) dan bekerja secara optimal dalam mengurangi gesekan antar partikel metal, sehingga putaran mesin menjadi lebih ringan dan otomatis penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.
  4. Mengurangi gas racun, Karena dengan meningkatkan efesiensi bahan bakar, sama artinya dengan mengurangi racun yang dihasilkan oleh sisa pembakaran gas buang. Itulah keunggulan oli Euro 4, semoga bermanfaat.[Po/Adhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published.