JERMAN – Honda lewat tim Castrol Honda Racing berhasil mempertahankan gelar juaranya pada kelas TCR di ajang balap Nurburgring 24 Hours.

Prestasi ini berhasil diraih menggunakan mobil balap Honda Civic Type R TCR lewat tim Fugel Sport dengan dukungan dari Castrol, Honda Jerman, dan JAS Motorsport.

Juara bertahan, Dominik Fugel dan Markus Oestreich bergabung dengan pembalap Honda Racing WTCR lainnya yaitu Tiago Monteiro dan Esteban Guerrieri. Baik Monteiro dan Guerrieri telah menjalankan tugasnya dengan baik selama akhir pekan.

Penampilan mereka pada balapan 24 Hours dan dua balapan WTCR menghasilkan dua kemenangan di Nürburgring untuk Guerrieri yang juga sebelumnya memenangkan balapan FIA WTCR bersama tim ALL-INKL.COM Münnich Motorsport dengan mobil balap Honda Civic Type R TCR.

Baca juga :  Ajang CEV World Championship, Tiga Pebalap AHRT Sukses Raih 10 Besar

Cuaca yang buruk saat babak kualifikasi membuat Honda harus memulai balapan dari urutan keempat, tetapi para pembalap dapat membuat kemajuan yang dilakukan oleh Markus Oestreich dan kemudian dilanjutkan oleh Dominik Fugel hingga dapat memimpin balapan. Performa baik mereka dilanjutkan oleh Tiago Monteiro dan Esteban Guerrieri.

Pada saat balapan dihentikan menjelang tengah malam, Honda Civic TCR sudah unggul satu lap dari para pesaingnya sebagai keuntungan yang tetap dipertahankan saat balapan dilanjutkan setelah lebih dari 9 jam. Tiago Monteiro pun berhasil menyelesaikan balapan dengan meraih kemenangan untuk Honda.

Tiago Monteiro mengatakan kalau balapan ini merupakan pengalaman yang luar biasa. “Terjadi red flag (bendera merah) yang cukup lama, karena kondisinya cuaca yang tidak baik, hujan lebat, sangat licin, dan rival kami selalu berada di posisi yang sama atau tepat di belakang dan mendorong kami ke pinggir.”

Baca juga :  Intersport World Stage 2019, Driftainment Pertama & Terbesar di Asia Tenggara

“Tim melakukan pekerjaan yang hebat, para pembalap juga amat brilian dan menjalankan tugas tanpa kesalahan dengan kekuatan mobil yang luar biasa pula. Kami tidak memiliki masalah apapun selama balapan. Saya sangat bangga dengan kemenangan ini dan sangat bangga menjadi bagian dari keluarga Honda Racing. Terima kasih untuk Honda, Honda Jerman, Fugel, dan rekan satu tim saya,” ungkap Monteiro.

Senada dengan Monteiro, Esteban Guerrieri juga mengaku senang dengan pencapaiannya. Namun Guerrieri menggaris bawahi kalau balapan di Nurburgring merupakan salah satu yang tersulit.

Baca juga :  Honda Mundur dari F1 di Penghujung Musim 2021

“Balapan ini adalah salah satu yang tersulit karena ada hujan, kabut, dan banyak mobil yang bertabrakan. Pada Minggu pagi, kami bertarung langsung dengan rival utama kami sehingga kami harus memberikan performa lebih dan perlu sedikit menekan. Kemenangan ini adalah hadiah atas kerja keras tim dan membuat balapan ini sangat menyenangkan, bukan hanya karena hasilnya, tapi kami juga mendapatkan pengalaman,” beber Guerrieri. [po/rst]