AM Fadly dan Ninja 250R Juara Asia 2019

THAILAND – Pembalap Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Andi Muhamad Fadly akhirnya keluar sebagai juara Asia 2019 kelas AP250. Fadly sukses menyodok ke puncak klasemen pada seri akhir Asia Road Race Championship (ARRC) 2019 yang digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand (30/11-1/12).

Pembalap Manual Tech KYT Kawasaki Racing mencetak sejarah di Asia. Untuk pertama kalinya, Kawasaki dan Andi AM Fadly berhasil merebut juara Asia di kelas AP250. “Ini menjadikan Kawasaki sebagai Raja Baru Asia di kelas AP250,” ujar Head of Marketing PT KMI Michael Tjandra Tanadi.

Baca juga :  Tidak Maksimal di ARRC 2019 Ali Adriansyah Pantang Menyerah

Sukses Fadly ini juga mengukuhkan dominasi pembalap Indonesia di ARRC kelas AP250 selama tiga tahun berturut-turut. Tahun 2017 raja di kelas ini adalah Gerry Salim bersama Honda CBR250RR dan disusul Rheza Danica Ahrens pada 2018 juga dengan Honda CBR250RR.

Di seri pamungkas kemarin, Fadly memaksimalkan poinnya dengan meraih podium pertama pada race pertama dan finish ke-6 di race kedua. Hasil race pertama telah menempatkan Fadly sebagai pemimpin klasemen.

Keseruan balapan terjadi pada race kedua, Minggu (1/12) dengan persaingan tingkat tiga antara tiga pembalap teratas di klasemen yakni Fadly, dan dua pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah dan Awhin Sanjaya.

Baca juga :  Putaran Terakhir ARRC 2019 Ali Adriansyah Siap Tampil Maksimal

Dalam balapan sengit, akhirnya Fadly finish ke-6. Awhin Sanjaya sukses menempati podium ketiga, namun belum bisa mengejar poin milik Fadly yang tampil sebagai pemuncak klasemen. Nasib sial menimpa Irfan yang terjatuh di tikungan terakhir akibat bersenggolan dengan rider lainnya dan tidak dapat melanjutkan perjuangan. Irfan harus menutup ambisinya untuk melanjutkan tradisi juara Asia bagi AHRT.

Meski gagal memuncaki klasemen, Irfan dan Awhin masih bisa mempersembahkan gelar untuk Honda Indonesia sebagai juara tim di kelas AP250. Keduanya mengemas 274 poin dari 14 balapan, mengalahkan Manual Tech KYT Kawasaki Racing dengan selisih 35 poin. [PO/haz]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here