JAKARTA – Alex Marquez menjalani debut sensasional di kelas MotoGP. Namun kali ini bukan di balapan sebenarnya melainkan balapan video game bertajuk MotoGP Virtual #StayAtHomeGP yang berlangsung Minggu (29/3).

Balapan video game MotoGP seri perdana ini memakai sirkuit Mugello, Italia dan berlangsung sebanyak 6 lap.

Secara keseluruhan, jalannya balapan berlangsung dengan gaya “bar-bar”, dipenuhi dengan jatuh bangun para rider serta aksi overtaking yang kasar. Meski begitu, race yang diikuti oleh 10 pembalap resmi MotoGP ini tetap saja menghibur.

Di awal lomba, rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo langsung merangsek ke depan dan memimpin lomba. Unggul seperempat detik dari Francesco Bagnaia dari Pramac Racing, diikuti Maverick Vinales dari MotoGP Monster Energy Yamaha di posisi ketiga.

Baca juga :  Kendala Honda RC213V, Marquez Harus Puas Start di Posisi Ke-6

Memasuki lap ke-3, sudah Alex Marquez sudah nyaman memimpin, sedangkan di grup tengah hingga belakang masih terjadi beragam “baku hantam”. Juara Dunia Marc Marquez sempat di posisi ketiga setelah berusaha menyalip rider Suzuki Joan Mir. Tak lama Mir mengalami insiden dan kehilangan banyak posisi.

Vinales yang juga sebelumnya mengalami insiden mampu mengejar Marc Marquez dalam pandangannya. Sedangkan, Quartararo yang sudah terjauh berjuang kembali masuk ke trek dan naik ke urutan kelima.

Baca juga :  40 Konsumen Suzuki Beruntung, Saksikan Alex Rins Raih Podium

Memasuki lap-lap akhir, Vinales terjatuh karena terlambat melakukan pengereman. Ia sempat kesal dengan insiden itu dan terlihat memukul controller miliknya. Namun tak disangka Marc Marquez juga mengalami kecelakaan sendiri, hal ini tidak disia-siakan Vinales untuk mengamankan podium ketiga.

Sementara di baris depan, Alex Marquez menyentuh finish pertama dengan keunggulan tujuh detik dari Bagnaia di podium kedua. Quartararo berakhir di urutan keempat disusul Marquez yang mengisi posisi lima besar.

“Saya sangat senang. Saya tahu sebelum balapan saya bukanlah yang tercepat, terutama di satu lap pertama. Jadi target saya adalah menjaga konsistensi seperti yang saya bisa. Saya memiliki pertarungan yang baik dengan Pecco (Bagnaia) di lap pembuka sampai ia mengalami kecelakaan,” beber Alex. [Po/rst]