BATAM – Usia delapan tahun membuat nama FK BUMI NUSANTARA semakin besar. Perayaan hari lahir atau anniversary pun digelar meriah di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang di masa PPKM terkini berada di level 1.

Alek Gadang alias pesta besar pun menandai hari lahirnya komunitas bikers Minangkabau se-Indonesia ini pada Sabtu (9/10/2021). Perwakilan FK BUMI Nusantara atau Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia berdatangan ke Batam dari seluruh Indonesia.

Mereka disambut meriah dengan pesta ala Minangkabau di Rumah Gadang IKLA, Kel. Tj Uncang Kec. Batu Aji. Kebersamaan yang selama ini terjalin di dunia maya, betul-betul dirasakan dalam acara bertema “Tatungkuik samo makan tanah  tatilantang samo minum aie” tersebut.

Kebahagiaan bikers FK BUMI juga disaksikan tokoh pemerintahan Batam, bikers lintas merek sepeda motor dan komunitas lainnya di Batam.

Bro Hendra Ketua Panitia Acara mengatakan, sebagaimana tujuannya, acara dibuat untuk menjalin silaturahmi sesama Bikers se-Kota Batam maupun dari luar kota Batam. “Selain bikers hadir pula komunitas yang ada di Kota Batam, tokoh masyarakat dan tokoh pemerintahan Kota Batam.

Baca juga :  Kopdargab YMIC Region Sultanbatara Series V Berlangsung Sukses

Di antara yang hadir nampak Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Ketua IKM Kota Batam Rudi sakyakirti yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Hadir pula anggota DPRD Arlon Veristo, Camat Batu Aji Ridwan dan Lurah Tj. Uncang Anwar.

Selain all bikers Kota Batam dan Bintan serta utusan-utusan FK BUMI dari luar Provinsi Kepri, acara juga dihadiri oleh Komunitas serta organisasi pemuda  Kota Batam, khususnya yang berasal dari Sumatera Barat.

Kerinduan bikers akan kampung halaman di Sumatera Barat cukup terobati dengan rangkaian acara yang khas Minangkabau. Acara penuh dengan kesenian dan budaya Minang.

Dipimpin MC Rince Mustika dan Genta Arya, acara diawali dengan pagelaran seni Minang Tambuah dari Sanggar Bujang Sembilan untuk penyambutan tamu undangan. Lalu disusul Tari pasambahan yang ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara inti diawali pembacaan doa oleh Ustadz Zulkifli yang disambung sambutan dari ketua panitia Sanak Hendra, lalu sambutan dari koordinator FK BUMI Batam Sanak Yalnis Auri dan FK BUMI Nusantara Mak Teddy.

Baca juga :  103 Motor Aerox Pecahkan Rekor Touring Paling Ramai

Dari unsur pemerintahan dan tokoh masyarakat sambutan disampaikan oleh Ketua IKM Kota Batam Rudi Sakyakirti dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad.

Puncak perayaan ulang tahun FK BUMI ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh pimpinan FK BUMI bersama para tamu VIP disaksikan bersama tamu undangan yang hadir.

Kebahagian malam itu dihabiskan dengan hiburan orgen tunggal (gita musik) dengan artis Minang Kota Batam Vivi Alsha dan Sabri, serta tribut Iwan Fals (Jup Majen dan tim). Di tengah hiburan disisipkan acara pembagian doorprize kepada peserta yang hadir.

Mak Tedi selaku Koordinator FK BUMI Nusantara tak kuasa menyatakan bahagianya di acara anniversary ini. Meski kondisi nasional tengah buruk akibat pandemic panjang Covid-19, namun semangat dunsanakhood bikers FK BUMI tidak kendur.

“Kami ucapan terima kasih kepada seluruh bikers yang hadir, serta para stakeholders Minang dan Batam yang ikut men-support acara. Tak lupa juga para sponsor. Kami ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam acara ini,” ujar Teddy.

Baca juga :  Komunitas Bikers Dakwah Kini Telah Hadir di Lombok

Dalam kesempatan anniversary ini, peserta luar kota ikut menikmati pariwisata Batam. Dari pengamatan kami, Batam layak menjadi destinasi wisata bagi bikers atau tamu dari luar Batam. Mari kita, bikers yang berada di Batam bisa mewujudkan program pemerintah Batam memajukan wisata di kawasan ini.

Wakil Walikota Batam menyatakan apresiasinya atas kehadiran FK BUMI Batam di kota yang berbatasan langsung dengan Singapura ini. “Kami di Pemko Batam sangat berterima kasih sudah menunjuk Kota Batam sebagai tuan rumah pelaksanaan acara sewindu FK BUMI,” ujar Pak Wako. {PO/AH}