JAKARTA – Sebuah rangkaian kegiatan safety riding tengah dilakukan oleh Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi.

Bikers dari komunitas berbasis Honda Verza ini turun gelanggang menggelar kampanye keselamatan berkendara.

Salah satu realisasinya telah dilakukan pada Minggu (4/11) berupa kampanye di tengah lingkungan warga di Perumahan Taman Ria Persada, Desa Tridaya Sakti, Tambun Selatan, Bekasi.

Sebelumnya, bikers VRCI bersama warga melakukan persiapan berupa kerjabakti bersama, membuat mural (gambar) edukasi keselamatan jalan raya.

Acara semakin menarik khususnya buat anak-anak karena digelar lomba mewarnai bagi anak-anak, yang memberikan pesan pentingnya pengalihan resiko untuk perlindungan diri dan keluarga. 

Yunan Sulkhan Ketua VRCI Reg Bekasi mengatakan, kegiatan yang masuk dalam kampanye Safety Campaign Award (SCA) 2018 ini dilatarbelakangi dari survey yang dilakukan internal VRCI Bekasi melalui media komunikasi soal pengalihan risiko kecelakaan bersama BPJS Ketenagakerjaan. 

“Survey ini menghasilkan data bahwa sebagian besar masyarakat belum mengerti manfaat dan prosedur pengajuan klaim kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan ataupun asuransi lainnya yang diselenggarakan oleh negara,” ungkap Hary selaku Ketua Pelaksana acara.

Baca juga :  Musreg ke-7 XYI Gorontalo: Firman Algiansyah Ketua Baru 2020 -2022

Dari survey tersebut, VRCI Bekasi melakukan kampanye keselamatan dan memberikan edukasi kemasyarakat akan pentingnya mempersiapkan diri sebelum terjadi kecelakaan dengan pengalihan resiko, termasuk prosedur dam manfaat yang dapat mereka dapatkan.

Dalam pemaparan di hadapan warga, hadir sejumlah narasumber, antara lain, wakil BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikarang Rasyid, perwakilan Tim Perisai Ahmad Saefudin. Ada juga perwakilan HRD PT. HIBA UTAMA. Serta perwakilan pengurus RT yang kebetulan pernah mengalami delapan kali kecelakaan saat naik motor.

Baca juga :  Kampanye Safety, Kutu Community Gelar Lomba Mewarnai Helm Anak  

Acara berlangsung dengan lancar. Sejumlah pertanyaan disampaikan oleh warga yang antusias pada penjelasan manfaat dan prosedur dari BPJS Ketenagakerjaan. Tak lupa, VRCI dan BPJS melakukan pembagian Doorprice.

Dalam kegiatan ini, inti pesan yang disampaikan adalah tentang hak masyarakat sebagai warga negara yang telah membayar pajak bermotor melalui Asuransi Jasa Raharja, dan pentingnya masyarakat untuk mengetahui manfaat apa yang didapat dan bagaimana prosedur jika terjadi kecelakaan.

Baca juga :  Tekad Nmax Riders Bogor & Cikarang Larang Bocah Kendarai Motor

Acara ditutup dengan komitmen bersama warga bahwa mereka akan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara lalu foto bersama.

“Jarang komunitas motormengadakan acara seperti ini melibatkan BPJS TK – dan perwakilan HRD. Semoga komunitas motor lain bisa ikut melakukan hal yang sama,” ujar Rasyid dari BPJS TK. [Po/Rls]

Leave a Reply

Your email address will not be published.