JAKARTA – Relawan Anak Bangsa (RAB) yang diinisiasi oleh pengusaha nasional Garibaldi Thohir – kembali menyerahkan paket donasi berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 kepada Yayasan BUMN Untuk Indonesia. 

Donasi diserahkan oleh Ketua Relawan Anak Bangsa Vica Vayerawita kepada Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia Harjawan Balaningrath yang disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Bantuan diserahkan di area parking stand Garuda Indonesia, Bandara Soekarno Hatta, Kamis malam (30/04). Penyerahan bantuan dari gabungan perusahaan swasta ini akan berlangsung dalam 4 tahap dengan nilai total donasi lebih dari Rp 41 Miliar.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan syukur atas bantuan yang terus mengalir untuk menanggulangi wabah COVID-19. “Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi para pengusaha yang terus gotong royong memberikan bantuan untuk melawan pandemi ini. Insya Allah kita segera keluar dari krisis ini,” ujarnya. 

Baca juga :  Federal Oil Goes To MotoGP 2018: Ratusan Balap Mania Nikmati Paddock MotoGP

Ketua Relawan Anak Bangsa Vica Vayerawita menjelaskan, paket bantuan kali ini merupakan donasi yang kedua kalinya dari Relawan Anak Bangsa kepada Yayasan BUMN Untuk Indonesia. 

“Ini merupakan komitmen kami untuk dapat terus mendukung pemerintah Indonesia dalam menanggulangi Covid-19. Rencananya paket bantuan berupa APD dan alat kesehatan ini akan dikirimkan dalam 4 tahap menggunakan maskapai Garuda Indonesia,” jelasnya.

RAB didukung oleh 25 perusahaan serta yayasan nasional. Dikoordinir oleh Yayasan Wahana Artha dan Wahana Artha Group, bersama para donatur lainnya yaitu PT Adaro Energy Tbk, MSJ, Harum Energy, PT Cikarang Listrindo Tbk, Northstar, BFI Finance, Triputra Group, Persada Capital Investama, PT Panca Amara Utama.

Baca juga :  Xpander Tons of Real Happiness Raih Dua Penghargaan Internasional

Lalu PT Surya Esa Perkasa Tbk, Rock Pool, CBS Holdings, PT Impack Pratama Industri Tbk, Altira, KFC, XXI, Rajawali Corp, KPN Corp, Barito Pacific, PT Anugerah Bara Kaltim, Hutchisonport, JD.id dan KinoGroup yang berkomitmen untuk berperan aktif mendukung pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Donasi kali ini merupakan yang kedua kalinya dari RAB kepada Yayasan BUMN Untuk Indonesia, dan rencananya akan dikirimkan dalam 4 tahap. Donasi berupa 121.050 APD, 200 ventilator dan lebih dari 1,2 juta alat kesehatan lainnya (masker, disposable gloves, thermometer, Goggles, test kit hingga obat-obatan) senilai total lebih dari Rp 41 miliar. 

Sementara pada donasi yang pertama, RAB menyerahkan bantuan berupa 15 ventilator dari PT Cikarang Listrindo Tbk dan 3.250 Hazmat (pakaian pelidung diri petugas kesehatan).

Baca juga :  Di Hari Pelanggan Nasional Suzuki Adakan "Victory Campaign"

“RAB memberikan beragam bantuan sesuai kebutuhan dan juga bersinergi dengan kebijakan pemerintah. Selain donasi APD dan alat kesehatan, kami juga telah membagikan lebih dari 6.600 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” pungkas Vica. [Po/Haz]