SURABAYA – Gelaran show series pameran dan kompetisi mobil modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBtech dan Daihatsu Dress-Up Challenge 2020 berlangsung meriah di Tunjungan Plaza, Surabaya, Sabtu-Minggu, 14-15 Maret.

Sebelumnya IAM telah membuka tahun 2020 dengan menyelenggarakan event regional di ZPELL & Future Park Rangsit, Bangkok, Thailand pada tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2020.

Bangkok menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang disambangi IAM pada tahun ini. Di kota tersebut, banyak modifikator yang antusiasme dan kreasinya tak kalah dan bahkan memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan kota-kota lain di ASEAN. 

“Antusiasme dari para peserta di Bangkok sangat tinggi, dengan total lebih dari 180 mobil yang tampil meskipun di tengah mewabahnya virus Corona pada saat ini, namun event tetap terselenggara dengan tetap menjaga kewaspadaan,” ungkap Reza H. Aliwarga, CEO PT. HIN Promosindo.

Di Indonesia, tahun ini menandakan 20 tahun keberadaan IAM di tanah air sejak Automodified pertama yang digelar pada tahun 2001 di Senayan, Jakarta. 

Baca juga :  Kemeriahan Maxi Yamaha Day Singgah di Kota Palembang

Namun demikian, IAM MBtech akan kembali memulai event roadshownya sepanjang 2020 dari kota pahlawan Surabaya, sebelum melewati total 10 seri hingga putaran final di Jakarta yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Reza mengatakan, antusiaame pecinta mobil modifikasi di Surabaya dan sekitarnya boleh dibilang masih tetap yang paling kuat. Tahun ini, menyambut 20 tahun Automodified, IAM MBtech Surabaya juga bakal lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Antara lain karena nantinya juga akan ada kompetisi motor modifikasi serta berbagai sub-event dan hiburan menarik lainnya,” sambut Reza. Ditambahkannya, kompetisi modifikasi IAM MBtech Surabaya menghadirkan lebih dari 210 mobil modifikasi dan 70 motor modifikasi. 

Dari komunitas mobil modifikasi, terdapat puluhan klub/komunitas yang sudah terdaftar sebagai peserta kompetisi, diantaranya Option X Revenge, Tuner, #gakudahudah, 18+, Baperan, Maximoz, AXFC, Asik2inAja, AAOCI, BAC, MAC, DXIC, dan masih banyak lagi.

Indonesia Automodified (IAM) MBtech juga akan menggelar kelas khusus MBtech Awards dan Daihatsu Dress-Up Challenge khusus untuk mobil bermerk Daihatsu, dan lebih dari 150 awards yang mencakup berbagai aliran modifikasi. 

Baca juga :  Kustomfest 2019 Berikut Deretan Mobil dan Motor di Jogja Expo Center (Galeri Foto)

Di antaranya, stance/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme.

Penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio & Video, serta Presentation. 

Selama dua hari event berlangsung, tim judges IAM MBtech yang didatangkan dari tanah air serta regional ASEAN akan menilik keseluruhan mobil yang berkompetisi.

Selain award utama King Tuner dan King Player yang diperkenalkan sejak 2018, IAM akan merilis kategori baru di tahun ini yaitu ‘The Future Tuner’, yang dikhususkan untuk mobil hybrid (kombinasi mesin pembakaran dalam atau internal Combustion Engine dan mesin elektrik), maupun all electric, dengan modifikasi terbaik.

Gelaran yang diselenggarakan selama dua hari ini, menampilkan berbagai kegiatan rutin yang disesuaikan dengan geliat kaum muda, seperti HINGirlfriends & Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), serta Photography Competition.

Baca juga :  Final Intersport Auto Show 2019 Calon 'The King' Bersaing Demi Prestige

Selain itu, khusus di tahun ini pengunjung IAM MBtech juga akan disuguhkan beragam program spesial, diantaranya penampilan violinist Kezia Amelia, Cosplay Competition, PUBG Competition, Dance Battle, Lego competition, Calisthenic Performance, serta Standup Comedy competition. 

Bersama dengan ratusan mobil modifikasi yang dipamerkan, keseluruhan program acara tersebut mudah-mudahan dapat menjadi hiburan bagi para peserta maupun pengunjung,” harap Reza.

Acara ini didukung brand kulit sintetis MBtech dan Astra Daihatsu Motor. Ikut pula sejumlah brand/perusahaan di bidang otomotif dan lifestyle pendukung, diantaranya Pioneer dan Pioneer DJ Indonesia, AdiPro, Delium, Swallow, Cleo, dan lain-lain, juga akan mendukung keseluruhan maupun sejumlah seri IAM MBtech 2020. [Po/Haz]