Teknologi AVAS Jaguar Lindungi Tuna Netra dari Bahaya Mobil Listrik

INGGRIS – Para ilmuwan Jaguar telah mengembangkan Audible Vehicle Alert System (AVAS) untuk Jaguar I-PACE listrik, teknologi yang memberikan perigatan penggunan jalan lain yang rentan saat berdekatan dengan kendaraan listrik (EV).

Para insinyur Jaguar telah menguji suara AVAS di I-PACE dengan berbagai kondisi lingkungan mengemudi saat mengembangkan sistem ini, teknologi yang dapat didengarkan dengan kecepatan hingga 20Km/Jam, teknologi ini akan sangat membantu menyelamatkan nyawa manusia terlebih para tuna netra saat berada di jalan raya.

Sistem peringatan AVAS I-PACE telah pula diuji oleh anggota dari tuna netra yang mengunakan Ajing sebagai pemandu (Guide Dogs for the Blind), sebuah lembaga amal di Inggris untuk orang-orang yang mengalami kehilangan peringatan. pengujiaan ini juga menjadi salah satu pengujian yang dilakukan oleh Jaguar.

Baca juga :  Taxi Bluebird Kini Gunakan Armada Bertenaga Listrik

“Ketiadaan suara mesin dari kendaraan listrik menciptakan masalah bagi pejalan kaki yang rentan, seperti orang buta atau gangguan penglihatan. Hal ini terutama berlaku pada kecepatan rendah di pusat kota dan tempat parkir mobil. Kami mengembangkan Sistem Siaga Kendaraan Terdengar untuk I-PACE untuk memastikan keselamatan semua pengguna jalan. Teknologi kami yang berpotensi menyelamatkan nyawa tidak dapat dimatikan dan sebagai amal utama bagi orang-orang yang kehilangan penglihatan, kami senang mendapat dukungan dari Anjing Pemandu untuk memastikan mereka berada di fokus pengujian produk kami.” ungkap Iain Suffield, Jaguar NVH Technical Specialist.

Baca juga :  Cover Mobil Custom Kreasi Anak Negeri Ini Tembus Pasar Internasional

Insinyur Jaguar bekerja selama empat tahun untuk mengembangkan suara mesin listrik yang terdengar namun tidak dapat didengar dari dalam kabin kendaraan. teknologi ini terinspirasi oleh suara pesawat ruang angkasa sci-fi. agar pelajan kaki bereaksi ketika kendaraan mendekat.

Insinyur menguji suara di sejumlah lingkungan, termasuk ruang anechoic (ruangan echo-free) dan berbagai skenario perkotaan, sebelum menetapkan suara terakhir untuk I-PACE. suara dihasilkan dari speaker yang terletak di belakang grille depan, dapat didengar di setiap arah dan tidak dapat dilepaskan.

Baca juga :  Ajang Auto Shanghai 2019, Honda Luncurkan Mobil Konsep Listrik Honda XN-V

Tanda peringatan nada dan volume akan meningkat sesuai dengan kecepatan kendaraan dan, AVAS tidak diperlukan pada kecepatan yang lebih tinggi karena kondisi angin dan kebisingan ban yang cukup bagi pejalan kaki untuk mendengarkan kendaraan listrik mendekat.[PO/Ajr]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here