KARAWANG – Dua lokasi wisata sejarah di Karawang menarik untuk ditelusuri. Akhir November 2018 silam, bikers dari komunitas Verza Rider Community Indonesia (VRCI) wilayah Jawa Barat mengunjungi dua lokasi yang tergolong baru ini.

Keduanya adalah, monumen Rawagede, sebuah lokasi hitam di Karawang sebagai tempat peristiwa berdarah pembantaian laki-laki warga sipil oleh tentara belanda yang menewaskan sekitar 431 jiwa.

Dari Rawagede, bikers Verza melanjutkan riding ke salah satu situs bersejarah lainnya, di Karawang, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Berkunjung ke situs-situs bersejarah ini amat dinikmati oleh bikers.

Sebelumnya, bikers dan wisatawan sejarah lebih banyak mengetahui info soal rumah penculikan Soekarno di Rengas Dengklok. Monumen Rawa Gede boleh dikatakan tak terlalu familiar selama ini.

Baca juga :  7 Tahun ERCI Tangerang, Belajar Terus Menuju Komunitas Besar

Tourgab Verza Jabar Part 3

Karawang serta dua lokasi wisata sejarah yang dijelajah ini merupakan bagian dari silaturahmi bikers Verza di Jawa Barat. Kegiatan ini dirangkum dalam event “Tour Gabungan (Tourgab) VRCI WILAYAH Jabar part 3”.

Di Rawagede bikers mendapatkan cerita tentang pembantai pada saat itu dari Ketua Yayasan Monumen yakni Sukarman yang merupakan keturunan dari salah satu korban pembantaian pada waktu itu. 

“Kepada para martir sejarah ini, kami panjatkan doa bersama di pemakaman “Sampurna Raga” untuk para korban pembantaian,” ujar Ketua Pelaksana Agenda Tourgab VRCI WILAYAH Jabar part 3, Kang Arsyad yang berasal dari VRCI Region Karawang.

Baca juga :  Komunitas Pengguna Mobil Honda Serentak Menggelar Aksi Sosial

Tourgab tahunan di Karawang dengan tema “NAPAK TILAS JEJAK PERJUANGAN” ini, dihadiri oleh perwakilan dari 14 region VRCI Se-Jawa Barat. Bikers berasal dari perwakilan VRCI di sejumlah kota di Jawa Barat. 

Oleh panitia, bikers luar kota ditempatkan di sebuah rumah warga di Rawamerta yang khusus disewa sebagai tempat istirahat. Sabtu malam acara ditandai dengan malam keakraban di lokasi menginap ini.

Bro Irfan dari VRCI Bekasi yang merupakan Ketua VRCI Wilayah Jawa Barat menjelaskan, Tourgab kali ini dilakukan, agar bikers mengetahui sejarah negeri ini, dan perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Negeri ini.

Baca juga :  Bagi Takjil Serentak XYI Indonesia di Gorontalo Utara

“Kami bisa menikmati wilayah Karawang dengan bermotor. Sekaligus bisa langsung mengetahui soal sejarahnya dari nara sumbernya agar kami juga bisa lebih menanamkan jiwa Nasionalisme terhadap Negeri ini,” ujar Irfan. [Po/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.