PANGANDARAN – Jumat pagi, 16 November 2018, Kang Syaiful dan Kang Tedy Suryadi bertemu di Lapangan Katapang Doyong, Pangandaran, Jawa Barat.

Di ujung selatan mereka berdiri, terhampar pantai laut selatan Jawa Barat dengan deburan ombak yang cukup tinggi, walau pun pagi itu cuaca cukup nyaman.

Mereka pun mengingat kembali kenangan 9 tahun silam di lokasi yang sama, saat gelaran Honda Bikers Day (HBD) pertama digelar.

Jika kini mereka hadir sebagai bikers sekaligus meramaikan HBD ke-10 dengan menampilkan bisnis masing-masing, dulu keduanya bersatu melahirkan event Honda Bikers Day yang pertama tersebut.

Bikers Jawa Barat bersatu kala itu. Para founder HBD mengenangnya sebagai hari yang bersejarah. “Inilah hari spesialnya bikers, harinya bikers Honda,” ungkap Tedy Suryadi yang kala itu adalah officer dari AHM.

Saking semangatnya menyiapkan acara bersama tim dan bikers Jabar, Tedy terkapar karena tipus dan demam berdarah hingga gagal hadir di malam puncak acara. 

Karena semangat bersama, HBD perdana di Pangandaran berjalan lancar. Selain Kang Tedy dan Kang Syaiful, kebanggaan juga menjadi milik para founder HBD lainnya, yakni Kang Agung, Kang Hendry, Kang Ekoey dan Abah si gondrong yang selanjutnya sohor menjadi MC tiap gelaran HBD di mana saja.

Baca juga :  Heroiknya Bikers Honda se-Nusantara Rayakan HUT ke-74 RI
Para Founder HBD

Bro Syaiful mengaku akan selalu terkenang dengan even HBD perdana yang suskes diwujudkan dengan penuh semangat. Karena dari kemegahan HBD pertama ini juga lahir Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB). 

Kehebatan lainnya, walau berbau Jawa Barat, bikers secara nasional datang ke Pengandaran dengan semangat persaudaraan sesama pengguna Honda untuk bersilaturahmi.

Panitia mencatat, bikers datang dari Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera. Beberapa di antaranya, bahkan datang dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat serta perwakilan dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Kami bangga semangat ini tiada padam hingga kini, setelah 10 tahun berlalu,” ujar Syaiful yang kini masih aktif di Tiger Association Bandung (TAB) sebagai Ketua Dewan Penasihat Anggota yang juga sukses mengembangkan bisnis apparel kebutuhan bikers.

Dari Pangandaran, tim AHM dan Main Dealer Honda Jabar (DAM) yang bersemangat ingin membuat HBD lebih besar secara nasional.

Kala itu Nyoman Kesawa dari AHM dan Denny Budiman dari DAM (Daya Adicipta Motora) beserta timnya bersama bikers IMHJB kembali melahirkan HBD nasional yang megah di Kiara Payung 2010 yang selanjutnya disebut sebagai HBD kedua.

Kang Tedy & Kang Syaiful

Tedy yang kini sebagai Marketing Head Respiro mengenang, di Kiara Payung bikers sukses menciptakan Rekor MURI melalui konfigurasi One Heart dengan barisan sepeda motor yang parkir. Dari sinilah, HBD selanjutnya bergulir dengan selalu melahirkan rangkaian acara menarik. 

HBD menjadi ajang silaturahmi puncak bikers Honda yan digelar tiap akhir tahun. Dari Jawa Barat, HBD ketiga bergeser ke Jawa Timur di Bromo, lalu Candi Prambanan (DIY), Pantai Anyer (Banten), Pantai Pendawa (Bali), Pantai Teleng Ria, Pacitan (Jatim), Pantai Boom, Banyuwangi (Jatim), Bandara Gading-Gunung Kidul (DIY). Di Usianya yang ke-10, HBD diboyong kembali ke tempat lahirnya, di Pangandaran (Jawa Barat). 

Salah satu petinggi AHM yang punya kenangan sangat dalam dengan HBD adalah Istiyani Susriyati GM Honda Customer Care Center (HC3). Dia tak akan melupakan HBD pertama di Pangandaran. Perempuan berjilbab ini mengaku kagum dengan kebersamaan bikers yang datang riding dengan motor Honda berbagai Varian dari sejumlah kota. 

“Kami dari PT AHM sangat bangga melihat semangat bikers. Semoga kebersamaan seperti ini akan selalu mendapat dukungan dari pihak AHM sebagai bukti apresiasi Honda pada konsumen yang setia memilih Honda selama ini,” teriak Isti dari atas panggung kala itu.

Baca juga :  Di Bawah Protokol Kesehatan, HPCI Tangerang Gelar HBH 2020

Jumat ini, sehari menjelang HBD 2018, Pangandaran sudah mulai disesaki oleh bikers. Jalur Pantai Selatan Jawa juga penuh oleh bikers yang menuju Pangandaran beraspal ria dengan sepeda motornya. Diperkirakan jumlahnya bakal lebih dari 20.000 bikers.

Deburan ombak pantai selatan siap menyambut mereka, bersilaturahmi menikmati suguhan acara serta kebanggan bisa bersama dari Sabang hingga Merauke. Para founder pun tersenyum melihat buah karya mereka yang terus terjaga semangatnya. Selamat Lebaran bikers. [PO/Haz]

Baca juga :  Aerox Mania Gelar Touring Menuju Terbentuknya ARCI Region Banten

Lokasi HBD 1-10

  1. HBD 1 – 2009 : Pantai Pangandaran, Jabar
  2. HBD 2 – 2010 : Kiara Payung, Jabar
  3. HBD 3 – 2011 : Bromo Pasuruan, Jatim
  4. HBD 4 – 2012 : Candi Prambanan, DIY
  5. HBD 5 – 2013 : Pantai Anyer, Banten
  6. HBD 6 – 2014 : Pantai Pandawa, Bali
  7. HBD 7 – 2015 : Pantai Teleng Ria Pacitan, Jatim
  8. HBD 8 – 2016 : Pantai Boom Banyuwangi, Jatim
  9. HBD 9 – 2017 : Bandara Gading Gunung Kidul, DIY
  10. HBD 10 – 2018: Pantai Pangandaran, Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published.